BACK AGAIN!

Reading Time: 2 minutes

Halo. Sorry lagi gak aktif belakangan ini dikarenakan fokus untuk urusan masa depan membahagiakan orang tua (tsadesstt).

Hari ini saya mau membahas tentang bagaimana cara supaya pola hidup sehat gak “ribet”. “ribet” yang saya maksud di sini ialah “ribet” ala-ala bodybuilder / fitness mania. Entah itu pola makannya yang cenderung sangat sehat (minim garam, gula dkk) atau pola latihannya yang keras (latihan beban berat, variasi banyak, durasi panjang dkk).

Saya tidak kontra dengan pola hidup seperti itu, hanya saja tidak cocok dengan saya yang masih demen gula, garam, mecin, msg, dsb. Saya lebih suka menggunakan prinsip Pareto. Misalnya dalam satu hari saya makan 3-4x sehari. Dalam sehari, saya tambahkan sesuatu yang kurang sehat ke dalam 1x porsi makan saya. Misalnya tambah kerupuk 1-2 biji atau gorengan tepung 4 biji. Sisanya makanan yang sehat. Well, saya juga tidak pernah mengejar tubuh sixpack dan sebagainya. Tapi saya tidak bermaksud untuk menyinggung orang yang menjaga tubuhnya tetap sixpack, karena menjaga tubuh seperti itu dibutuhkan disiplin dan konsistensi yang tinggi. Apalagi di era sekarang ini, di mana-mana makanan kita cenderung tidak sehat dan mereka kadang rela packing kotak lunch diisi dengan makanan rebus seperti brokoli, wortel, dada ayam dan sebagainya. Kalau saya masih gengsi bawa makanan kotak. Padahal gak ada yang mesti digengsiin. Harusnya gengsi tuh ama dompet yang kalau makan di luar lebih boros dibanding homemade. (ini nasihat sama diri sendiri hehehe….)

Back to the topic. Cara supaya agar tetap sehat meskipun makan di luar ialah seperti berikut.

  1. Apabila anda hendak makan di luar entah itu diajak teman, bareng pacar, atau emang lagi pengen aja, pastikan meminimalisir makanan yang mengandung tepung. 1-2 biji okelah, tapi ingat, itu untuk memenuhi hasrat lidah saja. Untuk hasrat isi perut, kenyangi dengan makanan yang non-tepung. Karena tepung cukup bisa dikategorikan makanan yang mengandung zero-calorie alias kalori kopong alias kalori tinggi tapi nutrisi minim.
  2. Apabila hendak makan makan di warung padang, kurangi sesantanan dan kolesterol tinggi. Seperti jeroan, kikil, kuah santan gulai dkk. Okelah santannya dikit buat perasa di lidah. Kenyanginnya sama sayuran yang ada, entah itu daun singkong dsb. Tapi tiati yang kena asam urat ya. Beware.
  3. Pastikan minuman yang dikonsumsi, tawar atau air putih (es/hangat/biasa). Anda jangan pesan jus alpukat kalau makanan yang dikonsumsi itu nasi padang. Too much calories in one meal. Kalau mau pesan minuman yang berkalori tinggi, usahakan jangan sambil ngunyah makanan berat. Pilih salah satu saja.
  4. Ketika hangout, anda biasanya akan terasa awkward, kalau anda pesannya air putih saja (Kecuali gerombolan anda emang mental wi-fi hunter alias pesennya murah tapi nongkrongnya lama demi wi-fi saja). Jika memang hendak memesan, pastikan pilih satu saja untuk pilihan makanan atau minuman. Vanilla shakejangan dikombinasiin dengan french fries. Pilih salah satu saja seperti poin nomor 3 karena tanpa disadari, dua jenis contoh makanan tersebut apabila dikombinasikan, terdapat jumlah kalori yang besar.
  5. Untuk makanan yang bertepung, bisa anda ambil tepungnya lalu buang dan hanya makan isinya. Begitu juga untuk lainnya yang cover-nya tidak sehat, anda buang lalu ambil yang sehatnya saja.

Yak itu tips-tips pengalaman saya selama ini dalam menjaga pola hidup sesehat mungkin. Seperti biasa, kurangin nasi banyakin sayur. Kecuali memang anda tidak punya pilihan lain dan saat itu dalam keadaan lapar. Bila sedang berada dalam situasi tersebut, kurangin makanan zero-calorie, perbanyak makanan yang bernutrisi.  Intinya pintar-pintar saja anda mengkondisikannya.