Menghadapi Gebetan yang Suka “Ghosting”

Reading Time: 2 minutes

Pada suatu hari di acara seorang kawan, kamu berkenalan dengan seorang wanita yang menarik bagimu. Setelah mengobrol sekian lama membicarakan darimana dia mengenal kawanmu hingga apakah acara tersebut asyik atau tidak, kemudian saatnya kamu menanyakan kontaknya.

Bertukar kontaklah kamu dan dirinya. Ketika kamu chat dengannya, ternyata kalian berdua saling menimpal balik. Chat-pun sudah sangat intens hingga kamu memutuskan untuk mengajaknya untuk kencan alias nge-date.

Ketika nge-date, ternyata kalian memiliki beberapa ketertarikan terhadap minat yang sama. Sebelum date berakhir, kamu mengatakan kepadanya …

Kita kayaknya harus ngelakuin ini lagi. Kira-kira Minggu depan kamu bisa gak?

Boleh

Kemudian kamu chat kembali ke dirinya. Namun ada yang mengganjal dari chat-nya yang sekarang yaitu … tidak seintens sebelumnya.

Hari kian hari, responnya semakin lambat membalas chat-mu. Hingga H-1 dari hari janjian untuk nge-date, dia tiba-tiba menghilang tidak membalas chat-mu kembali. Telepon pun tidak diangkat. Padahal kamu ingin memastikan apakah jadi atau tidak kencannya.

Ketika hari H, masih tidak ada respon. Kamu kecewa dia membatalkan janji tanpa ada pemberitahuan sama sekali.

Dengan berat hati, saya katakan ke kamu bahwa kamu terkena ghosting dari gebetanmu.


Apa itu ghosting? jadi menurut Urban Dictionary, ghosting ialah ketika seseorang memutuskan segala komunikasi terhadap gebetannya, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.¹

Orang yang melakukan ghosting ini bermacam-macam tabiatnya. Ada yang setelah melakukan ghosting, habis itu tidak muncul sama sekali. Ada juga yang meminta maaf beberapa hari setelah melakukan ghosting dengan berbagai varian alasan: Ada yang karena butuh personal space, ada juga yang bilang hidupnya sedang complicated, atau butuh waktu untuk diri sendiri.

Nah kalau kamu termasuk orang yang mengalami hal ini, jangan khawatir. Kamu enggak sendiri kok. Nah namun, bagaimana cara menanggulangi supaya gak ghosting lagi?

Ya sebenarnya orang yang melakukan ghosting ini terkadang ingin bilang kalau dia sebenarnya pengen menolakmu tapi dengan cara yang lebih halus. Karena tidak semua orang yang melakukan ghosting ini, tidak sampai hati ingin menyakitimu dengan berterus terang menolak. Tapi ada juga yang memang beneran butuh personal space, hidupnya sedang complicated atau memang butuh waktu untuk diri sendiri.

Alasan-alasan tersebut itu pokoknya di luar kendalimu. Karena hanya dirinya dan Tuhan yang tahu mengapa dia melakukan itu. Nah fokus kita bukan menganalisis apa alasan sebenarnya dia melakukan ghosting. Kita fokus hal yang kita akan lakukan ketika gebetan melakukan ghosting terhadap kita. Berikut yaitu:

1. Kalem

Well, kalem alias tenang ialah solusi yang paling efektif. Kalau memang gebetan kita itu baik, biasanya dia ngasih alasan kenapa dia menghilang dari kamu. Baik itu jujur ataupun tidak. Paling enggak dia memberi tahumu dulu. Saya punya prinsip bahwa semua orang itu berhak menerima kesempatan kedua. Biarkan dia menghilang terlebih dahulu. Nanti setelah sekian lama, kalau memang dia menyesal, dia akan mencoba menghubungimu kembali. Nah di situ, keputusan ada di tanganmu. Apakah kamu akan meladeninya kembali atau kamu mengabaikannya karena kamu sudah tidak tertarik lagi?

2. Cari Gebetan yang Lain

Tenang aja. Mungkin ketika gebetan kamu melakukan ghosting, Tuhan memiliki rencana lain. Siapa tahu ternyata gebetan kamu itu bukanlah orang yang pantas menjadi pasanganmu. Daripada kamu menunggu gebetanmu yang sudah menghilang itu datang kembali, lebih baik cari yang lain. Selalu pantaskan dirimu bahwa ada orang yang lebih baik menjadi pasanganmu.

3. Menyibukkan Diri dengan Hal yang Bermanfaat

Menyibukkan diri dengan hobi ataupun pekerjaan ialah penting. Ghosting menjadi cukup menyakitkan jika hidupmu tidak mengasyikkan. Daripada pikiranmu hanya memikirkan gebetan yang hilang mendadak tanpa permisi, lebih baik isi waktu dengan menyibukkan diri dengan hal yang bermanfaat. Fokus energimu terhadap hal yang membuatmu bahagia.


Semoga dengan tips-tips tersebut, dapat mengurangi rasa sakit yang kamu hadapi setelah mengalami ghosting dari gebetan. Ingat, semesta selalu merencanakan seseorang yang lebih baik untukmu.


Pranala

  1. https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Ghosting